Langkah-Langkah Melakukan Proses Audit Untuk Laporan Keuangan Perusahaan

Jasa audit merupakan salah satu pelayanan untuk pemeriksaan atas laporan keuangan milik sebuah perusahaan. Tentunya dalam pelaksanaan audit ini ada berbagai tahapan dan berbagai langkah-langkah yang bisa mendukung proses audit secara efektif dan efisien. Perlu anda ketahui bersama kalau pekerjaan audit ini memiliki dua tipe yaitu audit internal dan audit eksternal.

Kalau audit internal ini dilakukan oleh tenaga kerja internal yang ada pada perusahaan tersebut. kalau audit eksternal ini merupakan tenaga kerja yang berasal dari pihak eksternal perusahaan, baik dari badan pengawas keuangan dan kantor akuntan publik.

Tahapan Pengauditan Laporan Keuangan Perusahaan

Terdapat beberapa tahapan yang harus diikuti agar proses audit bisa berjalan dengan lancar. Proses ini akan dilakukan oleh jasa audit yang akan dijabarkan oleh auditor eksternal. Penasaran? Berikut ini penjelasannya :

  1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan

Ketika ada pihak auditor yang akan melakukan audit maka berbagai dokumen penting harus sudah disiapkan. Dokumen ini disusun untuk mencakup salinan laporan audit pada buku besar. Selain itu pihak auditor juga meminta bagan organisasi dengan nama dewan yang terkait.

  1. Menyiapkan rencana audit

Tahap selanjutnya pihak auditor akan memeriksa berbagai informasi yang ada pada dokumen dan akan merencanakan proses audit yang akan dilakukan. Tentunya setiap auditor memiliki gaya yang berbeda dalam tahap pengauditan tentunya tetap mengindahkan kode etik. Selain itu untuk mengidentifikasi adanya masalah maka bisa dilakukan oleh tim audit. Setelah itu pihak auditor akan menyusun rencana sesuai diskusi yang sudah dilakukan oleh tim audit.

  1. Melakukan rapat terbuka

Pihak auditor memerlukan manajemen senior, staff administrasi untuk melakukan rapat terbuka. Dalam rapat ini pihak auditor akan menyampaikan mengenai ruang lingkup, lama pelaksanaan, dan menyampaikan berbagai masalah yang akan dibahas.

  1. Melakukan kerja lapangan

Kemudian pihak auditor akan mengambil informasi hasil rapat terbuka untuk merealisasikan rencana audit. Kerja lapangan ini digunakan untuk meninjau prosedur dan proses audit. Selain itu melakukan evaluasi untuk memastikan semua berjalan dengan reliabel.

Demikianlah berapa langkah yang perlu dilakukan oleh jasa audit dalam proses audit. Tentunya dalam pelaksanaannya banyak sekali hambatan yang harus diselesaikan. Tentunya semua itu bisa diatasi ketika memiliki persiapan dan perencanaan yang lebih matang.